Islamic Widget

Kamis, 05 Agustus 2010

Berhasil di Turki, Gagal di Zimbabwe

REDENOMINASI di luar negeri pernah dilakukan di beberapa negara. Di Turki misalnya, negara itu menerapkan redenominasi efektif mulai 1 Januari 2005 silam.



Saat itu Turki mengurangi jumlah 0 pada mata uangnya sebanyak enam digit. Mata uang Turki yang semula lira lalu diubah menjadi “new Turkish lira”. Di Turki redenominasi berhasil meredam inflasi.Sebelum kebijakan ini dijalankan,inflasi mencapai 12%. Saat proses redenominasi inflasi turun menjadi 8% dan setelahnya turun lagi menjadi tinggal 4%. Untuk mengubah denominasi nilai pecahan mata uang lira lama, Pemerintah Turki membutuhkan waktu 10 tahun sejak 1 Januari 2005.

Demi mempermudah sosialisasi kepada masyarakat, otoritas moneter Turki memberlakukan penggunaan denominasi nilai uang secara ganda (double display) selama enam bulan pada uang yang berlaku di negara itu. Langkah redenominasi uang teranyar dilakukan Zimbabwe pada 2008 lalu. Pemerintah Zimbabwe menghilangkan 10 angka nol pada nilai mata uang yang berlaku. Sebagai contoh, 10 miliar dolar Zimbabwe nilainya dipangkas jadi hanya 1 dolar Zimbabwe.

Hal itu dilakukan untuk mengatasi perekonomian Zimbabwe yang terpuruk karena inflasi yang sangat tinggi yakni 2,2 juta%. “Dolar Zimbabwe akan diredenominasi dengan menghilangkan 10 nol dalam tiap nominal uang. Uang 10 miliar dolar Zimbabwe akan menjadi 1 dolar dan berlaku Agustus 2008,” ujar Gubernur Bank Sentra Zimbabwe Gideon Gono seperti dikutip CNN kala itu.

Gono menambahkan, banyaknya nominal angka yang tertera pada mata uang menyulitkan sistem yang bekerja secara otomatis seperti komputer maupun mesin hitung elektronik lainnya. Akibatnya, mesin tidak berfungsi maksimal saat ada transaksi dalam jumlah miliaran atau triliunan. Dua tahun sebelumnya, tepatnya pada 2006, Zimbabwe juga mengurangi tiga angka nol pada nilai mata uang dolar Zimbabwe. Hal ini dilakukan agar penduduk tidak kerepotan membawa tumpukan uang untuk berbelanja.

Namun, gara-gara perubahan itu harga-harga barang di Zimbabwe pada kurun waktu tersebut naik drastis. Adapun Rusia melakukan redenominasi pada 1 Januari 1998. Saat itu Pemerintah Rusia menurunkan nilai Rubel sebesar 1.000. Tujuan redenominasi ini untuk menyederhanakan aktivitas ekonomi karena tidak memengaruhi suplai uang atau tabungan masyarakat. Pemerintah Rusia melaksanakan redenominasi selama enam tahun satu bulan.

Rinciannya, tahap pertama adalah 13 bulan masa sosialisasi dengan mengeluarkan mata uang dengan dua nominal, yang baru dan lama. Berikutnya, penggunaan mata uang lama dan baru secara bersamaan selama satu tahun penuh serta periode peralihan dari mata uang lama ke yang baru selama empat tahun. Kebijakan redenominasi Rusia ini ternyata memicu inflasi. Sebelum redenominasi inflasi tercatat 14,6% per tahun.

Sementara, saat proses redenominasi inflasi naik menjadi 27,6% per tahun dan satu tahun pascaredenominasi melonjak menjadi 85,7%. Di Ukraina, kebijakan redenominasi merupakan satu bagian dari reformasi keuangan. Kebijakan baru ini dilaksanakan pada Agustus 1996. Pemerintah Ukraina mengganti mata uang karbonavets bernilai 100.000 dengan mata uang hryvnia bernilai 1.Pada tahap awal, kedua mata uang digunakan dalam 15 hari, 2–16 September 1996.

15 hari berikutnya, rakyat Ukraina harus menukar karbonavets dengan hryvnia. Uniknya, kebijakan redenominasi Ukraina ini berhasil meredam inflasi yang sebelumnya sangat tinggi. Sebelum redenominasi, inflasi tercatat 376,7%. Pada proses redenominasi inflasi turun menjadi 80% dan pascakebijakan itu turun lagi menjadi 15,9%.Ekonomi Ukraina berhasil distabilisasi dengan kebijakan ini. (CNN/yanto kusdiantono/ ahmad senoadi)

3 komentar:

Mrs Rebecca mengatakan...

Kami adalah organisasi yang ditubuhkan untuk membantu orang yang memerlukan
Bantuan seperti bantuan kewangan. Jadi, jika anda melalui kewangan
Masalah, jika anda mempunyai masalah kewangan dan anda memerlukan dana
Memulakan perniagaan anda sendiri atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang atau bayar
Bil, mulakan perniagaan yang bagus atau anda merasa sukar
Dapatkan pinjaman modal dari bank tempatan, hubungi kami hari ini melalui e-mel
Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

 "Jadi, jangan biarkan peluang ini meluluskan anda,
Anda dinasihatkan untuk melengkapkan dan mengembalikan butiran di bawah ..

Nama awak: ______________________
Alamat anda: ____________________
Negara awak: ____________________
Tugas anda: __________________
Jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
Jangka masa pinjaman: ____________________
Pendapatan bulanan: __________________
Nombor telefon: ________________
Adakah anda memohon pinjaman sebelum: ________________
Jika anda telah memfailkan pinjaman terdahulu, di mana anda dilayan dengan jujur? ...

Bertindak cepat dan keluar dari tekanan, kekacauan, dan cabaran kewangan
Hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e-mel:
Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah kamu memiliki kredit buruk? Saya dapat membantu Anda mengamankan pinjaman dengan suku bunga serendah 2%. 100% dana dengan dokumentasi minimal. Perusahaan pinjaman kami bersedia memberikan segala jenis pinjaman sesuai pilihan Anda selama Anda dapat membayar kembali. Kami tidak memerlukan formulir apapun. Suku bunga pinjaman kami fleksibel karena kami memberikan dana pinjaman kami pada tingkat suku bunga 2%. Kami adalah perusahaan pinjaman yang andal dan kami meyakinkan Anda bahwa jika Anda mengikuti prosedur langkah demi langkah kami, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dan ditransfer kepada Anda. Mohon kembali kepada saya melalui kami. mail: {lucysmithloanfirm@gmail.com} jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman, saya dapat memberi Anda lebih banyak informasi mengenai persyaratan dan ketentuan pinjaman kami.

Untuk mengakses kelayakan Anda, berikan saya rincian berikut ini:

Nama lengkap:
Alamat:
Pendapatan bulanan :
Jumlah pinjaman:
Durasi Pinjaman:
Tujuan Pinjaman :
Umur:
pendudukan:
Scan Copy Kartu Identitas Anda dan foto Anda:
Tanggal lahir :

LUCY SMITH LOAN FIRM
(lucysmithloanfirm@gmail.com)

Donna Hall mengatakan...

Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah Anda memiliki kredit buruk? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman dengan suku bunga serendah 2%. 100% pembiayaan dengan dokumentasi minimal. Silakan email kami: {donnahallfundingllc@gmail.com} jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga kami dapat memberi Anda informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan pinjaman