Islamic Widget

Selasa, 31 Mei 2011

Iklan AXIS Bikin Meringis

Sudah ada yang lihat iklan provider AXIS terbaru? Lagi-lagi iklan provider termuda di Indonesia ini bikin grrrr masyarakat Indonesia.

Mencoba memberikan penawaran "Paling Hemat Nelpon ke Operator Lain", brand provider yang dimiliki PT Natrindo Telepon Seluler ini langsung bisa menancap di hati benak konsumen.

Ceritanya ada seorang anak yang berjualan pisang goreng. Namun dia bertemu pembeli yang kelewat batas kalau menawar barangnya. Harga barang Rp 1.000, ditawar Rp 350. Si penjual sampai pingsan mendengar penawaran itu.

Tapi si pembeli, Aty Fathiyah langsung menelpon temannya untuk bisa memborong gorengan tersebut. Pemeran bu RT dalam sitkom Suami-suami Takut Istri ini langsung menghubungi Sule (mirip Sule, sebagai icon provider Kartu AS), mirip Andien (berbaju kuning yang mewakili IM3 milik Indosat) dan si kuntilanak (icon yang mewakili produk XL).


Pesan dari iklan tersebut adalah AXIS ingin memberikan penawaran Nelpon Hemat ke operator lain. Kesan saya setelah melihat iklan ini adalah perang tarif antar operator telekomunikasi.

Dulu, saya pernah menggunakan kartu Axis ini dan memang murah untuk menelpon ke operator lain. Apalagi dulu untuk tarif internetnya yang hanya Rp 1/kb.

Namun, tarif murah tersebut tidak berlangsung lama karena operator tersebut langsung menaikkan tarif saat operator lain juga menaikkan tarif, bahkan ada juga yang menurunkan tarif.

Kini, baik kartu telepon maupun modem internet sudah saya ganti ke operator lain, meski saya masih setia memakai modem AXIS besutan Huawei itu.

Kita tunggu kejutan iklan Axis yang bikin meringis lagi yak...meski saya belum berminat untuk mencoba produknya lagi.

Senin, 23 Mei 2011

Pesan Kematian

Dua hari lalu, anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yoyoh Yusroh meninggal dunia akibat kecelakaan dalam perjalanan kunjungan dinas dari Jawa Tengah untuk kembali ke Jakarta.

Saya tidak akan memberikan argumentasi banyak tentang salah satu pendiri partai berbasis Islam tersebut. Namun dalam pengakuan ahli warisnya, beliau pernah mengirimkan sebuah pesan singkat (sms). SMS ini dikirim ke anak-anaknya dan teman dekatnya, 48 jam (dua hari) sebelum kecelakaan maut itu merenggut nyawanya. Bunyi sms-nya demikian:

"Ya Rabb, aku sedang memikirkan bagaimana posisiku kelak di akhirat. Mungkinkan aku berdampingan dengan Khadijah ummul mukminin, atau Aisyah yang hafal 3.500 hadits, atau Ummu Sulaim yang sabar, atau Asma' yang pandai menyiapkan kendaraan perang suami dan menyemangati putranya untuk berangkat jihad. Ya Rabb, tolong beri kekuatan agar bisa berbincang dengan mereka kelak di taman firdaus."

Beliau juga menitipkan pesan agar selalu membaca surat Al-Kahfi setiap hari Jumat. Setelah mencari beberapa sumber, ternyata surat ke-18 dalam Al Quran ini memiliki beberapa keutamaan.

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470).


Ada juga hadits yang mendukung, yaitu:
Hadits pertama:


مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Hadits kedua:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Inilah salah satu amalan di hari Jum’at dan keutamaan yang sangat besar di dalamnya. Akankah kita melewatkan begitu saja???

Minggu, 22 Mei 2011

Alamat Media Nulis Cerpen

BERIKUT alamat-alamat email redaksi koran, majalah, jurnal dan tabloid yang menerima kiriman cerpen. Anda yang mengetahui info terkini terkait alamat-alamat email redaksi dimohon bantuannya dengan menuliskannya pada komentar Anda.

Selamat Menulis Kreatif!

1. Republika
sekretariat@republika.co.id

2. Kompas
opini@kompas.com, opini@kompas.co.id

3. Koran Tempo
ktminggu@tempo.co.id

4. Jawa Pos
dos@jawapos.co.id, editor@jawapos.co.id

5. Suara Merdeka
triwikromo@yahoo.com

6. Suara Pembaruan
koransp@suarapembaruan.com

7. Suara Karya
amiherman@yahoo.com

8. Jurnal Nasional
tamba@jurnas.com

9. Jurnal Bogor
donyph@jurnas.com

10. Seputar Indonesia
donatus@seputar-indonesia.com

11. Pikiran Rakyat
khazanah@pikiran-rakyat.com

12. Kedaulatan Rakyat
redaksi@kr.co.id

13. Sinar Harapan
redaksi@sinarharapan.co.id

14. Tribun Jabar
cerpen@tribunjabar.co.id

15. The Jakarta Post (English)
editorial@thejakartapost.com

16. Surabaya Post
redaksi@surabayapost.info

17. Lampung Post
lampostminggu@yahoo.com

18. Bangka Pos
redaksi@bangkapos.co.id

19. Riau Pos
redaksi@riauposonline.com, habeka33@yahoo.com

20. Sumut Pos
redaksi@hariansumutpos.com

21. Global Medan
tejapurnama@yahoo.com

22. Berita Pagi
huberitapagi@yahoo.com

23. Padang Ekspres
redaksi@padangekspres.co.id

24. Jurnal Cerpen
jurnalcerpen@yahoo.com

25. Majalah Horison
horisoncerpen@centrin.net.id, horisonpuisi@centrin.net.id, horisonesai@centrin.net.id dan kakilangit@centrin.net.id (khusus memuat karya-karya pelajar setingkat SMA)

26. Majalah Sabili
elkasabili@yahoo.co.id

27. Majalah Ummi
kru_ummi@yahoo.com

28. Majalah Femina
kontak@femina-online.com, kontak@femina.co.id

29. Majalah Story
story_magazine@yahoo.com

30. Tabloid Nova
nova@gramedia-majalah.com

CONTOH PENGANTAR PENGIRIMAN

[1] Ada contoh bagus dari almarhum Kuntowijoyo, yang dicuplik pengasuh Horison pada cover majalah itu, Mei 2005.

Assalamu’alaikum w.w.

Redaksi Horison Yth.

Bersama ini saya kirimkan naskah “Maklumat Sastra Profetik”, meskipun terlalu panjang untuk format majalah. Karena itu, mohon jangan merasa di-faith accompli dan dipaksakan pemuatannya. Anggap saja kiriman ini sekadar sebagai pemberitahuan bahwa saya sudah menuliskannya.

Semua itu saya kerjakan, karena saya terlanjur dikabarkan—terutama lewat Horison—sebagai penganjur Sastra Profetik. Dan saya merasa “berdosa” kalau tidak saya kirim ke Horison terlebih dahulu. Sekali lagi, jangan segan-segan untuk TIDAK MEMUAT.

Mohon berita lewat telepon 0274-881-xxx, terutama selepas pukul 8:00 malam.
Wassalamu’alaikum w.w.

Yogyakarta, 1 Februari 2005

Kuntowijoyo



[2] Ahmadun Yosi Herfanda, (mantan) Redaktur Sastra Republika, pernah menulis begini,“Berhubung ada perubahan disain dan ukuran huruf untuk rubrik Sastra, maka para penyumbang naskah harap memperhatikan hal-hal sbb.

[a] Panjang naskah Cerpen dan Esei antara 7-8000 karakter (with space), diketik dengan program MSWord, dan tiap judul naskah dalam satu file.

[b] Untuk kolom Oase diutamakan sajak-sajak pendek, panjang tiap sajak tidak lebih dari satu layar MSWord (2-5 bait pendek).

[c] Dalam sekali kirim minimal enam judul sajak, dan dikemas dalam satu file, disertai biografi singkat dan foto diri close up bergaya santai.

[d] Semua naskah harus dikirim melalui email dengan sistem attachments ke sekretariat@republika.co.id ditujukan ke Redaktur Sastra, dan lampiri nomor rekening bank untuk pengiriman honor.

[e] Naskah-naskah yang tidak memenuhi prosedur di atas tidak akan diperhatikan. Terima kasih.

Sumber: di sini dan di sini

Sabtu, 21 Mei 2011

5 Langkah Wujudkan Impianmu

Aku yakin Anda pasti punya impian dalam hidupmu. Baik hanya dalam bayangan, masih di angan-angan, masih dijalani atau bahkan sudah terwujud sebagian.

Hanya dengan impianlah, Anda bisa melakukan apapun. Namun apakah mimpi itu benar-benar bisa diwujudkan? Yupz, yang diperlukan hanyalah perencanaan.

Inilah 5 Langkah Mudah Mewujudkan Impian Anda:

1. Tulislah
Berapa banyak impian Anda yang sudah Anda tulis? Yupz, benar! ditulis. Itupun harus ditulis di kertas, bukan di catatan ponsel.
Dengan menulis di kertas, jangan lupa curahkan segala pikiranmu untuk mewujudkannya. Menulis saja perlu tenaga, begitu juga untuk mewujudkan impianmu itu.

2. Cari caranya
Apapun impian Anda, selalu ada beribu cara untuk mewujudkannya. Nah, setelah Anda menetapkan impian, memang perlu upaya untuk mewujudkan angan tersebut,kan?
Caranya bisa dengan bekerja, punya bisnis sendiri, kenalan dengan orang, perbanyak teman atau apapun yang sesuai dengan impian Anda.

3. Ambil Satu Impian Terbesarmu
Setelah berjibaku dengan segala cara, tentukan satu impian besar yang harus Anda wujudkan dulu. Memang tidak mudah, namun ambillah impian yang menantangmu, tapi gampang untuk diraih.

4. Beri Target
Akan sangat lebih mudah menuju impianmu jika kamu melakukannya berdasarkan batas waktu (deadline). Tapi, di sini Anda juga perlu realistik.
Misalnya Anda punya impian besar, tapi memang hanya bisa dicapai dalam 2-5 tahun ke depan. Caranya, Anda lebih baik memecah impian Anda dalam impian-impian kecil. Dengan impian kecil itu, Anda bisa meraihnya dalam setahun. Lantas Anda bisa perlahan mencapai mimpi Anda tersebut.

5. Bertindaklah
Bermpimpi memang mudah (karena tidak bayar). Masalahnya, kita selalu terjebak pada tindakan (ACTION). Jadi, TALK LESS DO MORE..

Siapkah Anda mewujudkan impian Anda??

Soundtrack Pocari Sweat 2011

Sudah melihat iklan minuman isotonik,Pocari Sweat di beberapa media? Itu tuh, iklan yang menayangkan segerombolan cewek yang naik sepeda di gunung. Karena kehausan, trus minum deh.

Kalau dilihat iklannya sih biasa saja. Tidak seganas sebelumnya, terutama yang ada bintang iklan yang kini digilai cewek-cewek tanah air, Irfan Bachdim.

Tapi, setelah imbas sepak bola tanah air yang mulai kembali ke titik nadir, si produsen minuman asal negeri Matahari Terbit ini lantas mengeluarkan iklan terbarunya yaitu iklan di atas.

Sebenarnya apa sih yang menarik dari iklan tersebut? Sepertinya kebanyakan konsumen lagi gandrung dengan lagu (soundtrack) dari iklan itu.

Siapa dia?
Jingle itu dinyanyikan oleh seorang penyanyi jazz asal Jepang, Ryutarou Makino. Ini adalah lirik lagu tersebut:

Hateshinai ao no mukou e
Bokutachiro mirai wa hiro garu,
Beautifull day
Kimi to boku ga koko ni iru
Hashi tabun dake michi wa no miru kara
Day by day
Ima wo iki yo

Artinya:

Endless, beyond blue
Mimpi kita melebar
Beautifull day
Kamu dan aku di sini
Mungkin dari ujung jalan ini
Day by day
Ayo kita pergi sekarang

Nah, bagi yang ingin download lagunya bisa sedot di sini. Uta wo utaimashou..

Senin, 09 Mei 2011

Berbagi Ilmu di Dunia Maya

Dunia maya memiliki potensi untuk apa saja. Saling berbagi ilmu dan bertausiyah juga bisa dilakukan. Maka kemudian, muncul orang-orang yang memanfaatkan dunia maya untuk hal itu. Mereka membuat blog atau sebuah laman. Dari blog yang berisi soal amalan sehari-hari, jilbab, hingga wacana keislaman.

Andika Hendra Mustaqim (27) menjadi salah satu orang yang membuat blog untuk menuangkan tulisan-tulisannya mengenai Islam. Ia mengawalinya pada 2005. Saat itu, blog memang sedang booming. Semula ia memandang blog sebagai alat untuk curhat seperti diary. Namun akhirnya, ia menggunakannya untuk hal lebih serius.

"Saya sering menulis artikel mengenai Islam di blog," ujar dosen Bina Sarana Informatika ini kepada Republika, Senin (21/2). Konten yang di-posting Andika pada blog-nya, www.nyongandikahendra.blogspot.com selain soal Islam, juga berita aktual internasional hingga promosi bisnis terjemahannya.

Ia mengungkapkan, selama ini komentar pembaca blog-nya lumayan. Lalu-lintas posting artikel juga cukup bagus. Tulisan terbarunya adalah mahfudzot atau majas-majas bahasa Arab yang memiliki nilai Islam yang tinggi. Selain mengembangkan blog-nya sendiri, Andika juga gemar membaca blog Muslim lain berisi pesan kehidupan atau muamalah.

Jika menulis di blog-nya, ia mengutip sumber-sumber yang jelas, seperti perawi hadis ataupun kitab-kitab kuning yang sudah diterjemahkan. Ia melengkapi tulisannya dengan bahan-bahan yang berasal dari media-media cetak bernapaskan Islam, ceramah agama di majelis zikir, atau mengunduh dari Youtube.

Inspirasinya, jelas dia, bisa datang ketika mengaji pada ustaz di masjid atau mushala. Tema khutbah Jumat yang pernah didengarnya pun menjadi bagian dari bahan tulisan yang ia tuangkan di blog. Menurut dia, blog merupakan alat yang paling efektif untuk menyampaikan ilmu.

Sebab, secara luas ia bisa memberikan pemahaman melalui tulisan-tulisan yang dibuatnya, selain itu tulisan yang ada bisa dibandingkan dengan blog-blog Muslim lainnya. Hanya saja ia pun mewanti-wanti agar pembaca blog lebih kritis dan tak segan untuk membandingkan isi antar-blog Muslim, khususnya yang berisi tausiyah.

"Membaca artikel Islami di blog harus hati-hati dan harus membandingkannya dengan blog lainnya. Sebab, sifat blog lebih pribadi. Pemahaman mengenai permasalahan Islam pun lebih pribadi," kata Andika berpesan.

Blogger Muslim lainnya, Didik Purwanto (27), memilih mensyiarkan akidah Islam dengan pendekatan ala anak muda. Mengusung nama Psycholove Writer dalam www.didikpurwanto.blogspot.com, ia membahas tema-tema kontemporer dengan sisipan pesan agama. "Menulis blog sejak 2005, tulisanku lebih ke dakwah dengan menyitir ayat-ayat Alquran," cetus pria yang menekuni dunia aktivis Islam saat kuliah di Universitas Udayana, Bali ini.

Sebelumnya, ia menggunakan akun penacinta.wordpress.com. Seiring waktu, ia pun mengubah tema serta karakter tulisannya. Ia membuat tema lebih universal dan mengombinasikannya pada kegemaran anak muda masa kini. Biasanya, tutur dia, tulisan di blog yang cenderung dakwah saja akan kurang peminatnya.

"Jadi, aku tetap berdakwah, cuma tak memakai elemen ayat-ayat Alquran. Biar bisa dibaca semua orang tanpa rasa canggung,"ujar mantan kontributor www.baliblogger .com ini.

Ia mencontohkan, salah satu tulisannya tentang pencarian cinta sejati. Di dalamnya, ia membahas soal fenomena pacaran di kalangan remaja. Melalui tulisannya, ia menyarankan agar tak berpacaran karena banyak mudharatnya. Didik menyelipkan berbagai fakta dampak buruk pacaran sebagai bukti bagi pembaca blog-nya. Fakta-fakta itu terinspirasi dari buku-buku motivasi agama, acara televisi, sampai curhatan teman-temannya.

Perubahan gaya tulisan itu mendongkrak statistik pembaca blog-nya. Pageview-nya mencapai 1.000 pembaca dalam sebulan. Dari komentar-komentarnya, mereka banyak menemukan hal-hal kekinian yang terkait nilai agama. "Intinya bisa memberi alternatif wacana yang bebas, tapi bertanggung jawab," ujar Didik.

Ia menambahkan, dari segi tulisan ia ingin eksis dengan cirinya sendiri, tapi intinya tetap bisa jadi rahmatan lil alamin dan sesuai dengan kekinian. Ia melihat pula masih besarnya peluang para blogger Muslim memperluas dakwahnya melalui dunia maya. Sementara, Hana Faridl dan Fifi Alvianto juga berbagi ilmu dengan orang lain lewat blog-nya.

Mereka mengelola HijabScarf.blogspot.com, yang banyak menjadi rujukan para hijaber dan bermula pada 2010. Awalnya, berasal rasa bingung karena sulit menemukan media spesifik yang membahas mode jilbab sesuai gaya mereka. Mereka juga yakin banyak orang yang merasakan hal yang sama. Dari situ akhirnya mereka membuat blog.

Tujuan mereka adalah berbagi semangat berjilbab dan berbusana Muslimah. Dan HijabScarf tak hanya berbagi gaya berpakaian Muslimah. Ada berita fashion, tutorial berjilbab aneka gaya. Yang menarik, ada pula wawancara dengan sejumlah Muslimah yang berisi tentang pengalaman berjilbab.

Pada bagian itu, mereka mengungkap kegamangan saat hari-hari pertama hingga akhirnya mantap sepenuhnya berjilbab. Sejak diluncurkan 10 Mei 2010, dalam beberapa bulan terakhir blog mereka sudah menduduki posisi tertinggi untuk media sejenis. Januari ini, hits blog mereka berdua mencapai 500 ribu.

Fifi dan Hanna tak menduga pengaruh blog mereka. Sejumlah surat elektronik masuk, pengirim mengungkap, setelah membaca HijabScarf, mereka memutuskan berjilbab."Rasanya wooow," cerita Fifi Alvianto (25), salah satu pendiri dan pengelola HijabScarf.blogspot.com.

Seperti yang ditulis oleh Indah Wulandari dan Nina Chairani di sini.