Islamic Widget

Jumat, 17 Desember 2010

Twitter Lebay?

Kalimat tersebut muncul dari kicauan sang aktor "Ada Apa Dengan Cinta", Nicholas Saputra melalui akun twitternya, @Nicsap pada 10-10-2010 lalu.

Sebenarnya istilah lebay ini bukan untuk menggambarkan bahwa status atau kicauan yang dilakukan oleh tweeps itu selalu lebay. Namun akhir-akhir ini apa yang terjadi di Indonesia atau belahan bumi manapun, saat ada tweeps, akan langsung ditanggapi.

Dan tanggapan itu beragam, mulai dari yang positif hingga negatif. Lihat saja, peristiwa yang baru terjadi yaitu keterlambatan maskapai Garuda Indonesia di berbagai bandara di tanah air. Rasanya orang-orang yang sudah setia memakai layanan maskapai pelat merah tersebut menumpahkan kekecewaanya di akun twiiternya. Untung saja, kicauan tersebut tidak memakai hashtag tertentu, dan tidak menjadi 10 trending topic twitter di dunia.

Pasalnya, dengan semua tweeps yang menggunakan hashtag yang sama dan kicauannya di retweet dengan banyak orang, maka hal itu bisa mempengaruhi kinerja perusahaan tersebut. Apalagi Garuda akan melakukan penawaran saham perdana (IPO) pada tahun depan.

Dengan kinerja yang semakin memburuk dan disebabkan tweeps dari jutaan pemakai Garuda, bisa saja investor yang akan masuk sebagai pembeli sahamnya bakal mundur.

Tapi, bisa saja twitter menjadi hal positif dan menjadi dukungan dari berbagai hal terutama masalah Merapi. Selepas Merapi meletus pada 26 Oktober lalu, artis papan atas luar negeri seperti Justin Bieber hingga Tom Cruise memberikan rasa simpatinya dengan berkicau di twitter. Alhasil, kicauannya tersebut banyak menoreh simpati dari penggemarnya,bahkan hingga Indonesia. Uniknya, kicauan ini bahkan lebih dulu daripada pidato dari Presiden SBY yang baru diberikannya dua hari kemudian. Fiuhh..

Tanggapan kicauan ini sebenarnya tidak lebay-lebay banget. Asalkan tweeps mampu menanggapi kicauan seseorang dengan sewajarnya.

Maklum saja, tweeps Indonesia memang baru saja menikmati teknologi ini dan orang yang memiliki akun jejaring sosial seperti Twitter memang ingin eksis dan ingin dikenal oleh banyak orang. Makanya apapun jenis kicauan yang dilontorkan following kita maka akan langsung ditanggapi. Please deh..

Tidak ada komentar: