Islamic Widget

Kamis, 23 September 2010

MLM Model Baru

Gw barusan dari kantin DPR di Senayan. Di meja kantin berserakan selebaran, tapi tebal.

Iseng-iseng gw lihat sekilas tampilan depan dari selebaran tersebut. Eittsss..ada gambar Ustadz Yusuf Mansur dan bukunya berjudul "The Power of Giving". Gw kira, ada tabligh akbar dengan penceramahnya beliau.

Pas gw buka ternyata menceritakan pengalaman beberapa orang terkait sedekah. Anehnya, setelah ditelusuri dan dibaca seterusnya, kok mendadak aneh.

Cara sedekah yang dimaksud mirip seperti model multi level marketing (MLM) yang dulu marak. Yaitu menstransfer uang ke dalam rekening, misalnya ke 4 rekening.

Nah, saat kita sudah masuk sistem, maka nama kita akan masuk ke nomor 4, dan secara otomatis rekening pertama akan terlempar.

Lantas, kita diwajibkan untuk menyebarkan list ini ke beberapa orang. Harapannya, langkah itu akan diikuti oleh lainnya.

Memang benar cara tersebut akan menyebabkan kita kaya mendadak. Apalagi yang menstransfer ke rekening kita juga banyak. Biasanya, dalam sistem MLM ini diwajibkan menstransfer Rp20 ribu. Kalikan aja dengan jumlah member kita yang berhasil direkrut. Bisa ongkang-ongkang kaki deh.

Masalahnya, apakah cara tersebut diketahui oleh Yusuf Mansyur? Apakah itu merupakan konsep sedekah menurutnya? Padahal kalau sedekah kan tidak mengharapkan imbalan.

Allah hanya menjanjikan dengan sedekah kita akan kaya. Namun rejeki yang diberikan itu datang dengan cara yang tiba-tiba, dan hanya Allah yang tahu. Bukan dengan cara MLM seperti itu. Itu mah namanya money game :)

Tidak ada komentar: