Islamic Widget

Jumat, 06 Agustus 2010

Bank Syariah Tumbuh Lambat


Pertumbuhan industri perbankan syariah di Indonesia dinilai masih tetap lambat kendati memiliki potensi besar mengingat tingkat populasi muslimnya terbesar di dunia.

“Praktik syariah di Indonesia masih lambat dibandingkan dengan negara berpenduduk muslim lainnya. Padahal Indonesia merupa kan salah satu negara berpenduduk muslim terbesar,”ujar anggota DPR dari Fraksi PKS Sahibul Imam saat acara "Arah Kebijakan Bank Syariah ke Depan" di Balai Kartini Jakarta, Kamis (5/8/2010).

Dalam tiga tahun terakhir,kata dia,bank umum syariah di Indonesia baru berkembang dari tiga menjadi 10 bank. Hingga akhir tahun nanti diperkirakan hanya ada satu lagi bank umum syariah yang akan memperkuat industri perbankan syariah di Indonesia.

Kendati tidak berkembang pesat, pencapaian yang sudah ada patut diapresiasi. Dia mengatakan, perkembangan bank umum syariah yang lambat juga karena belum ada payung hukum yang tepat yang mampu mendorong pertumbuhan bisnis bank syariah.

Untuk menjembatani hal tersebut, kalangan legislatif akan berupaya mencari solusi agar bisnis bank syariah di Indonesia bisa tumbuh relatif lebih cepat. Sementara itu, imbuh dia, perbankan syariah diharapkan pula dapat menjelaskan secara objektif produk-produknya kepada nasabah sehingga dapat dimengerti kelebihannya bila dibandingkan bank-bank konvensional.Bank syariah juga diharapkan mampu menunjukkan manfaat yang bisa diperoleh nasabah.

“Jika bankir syariah hanya dapat menjelaskan, tapi tanpa manfaat, calon nasabah pun akan menolak dan masih akan bergantung ke bank konvensional,”tuturnya.


Kabiro Penelitian, Pengembangan, dan Pengaturan Perbankan Syariah Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia (BI) Tirta Segara mengakui bahwa pertumbuhan bisnis bank syariah masih lambat.

Hal itu karena bisnis bank syariah di Indonesia baru mulai sekitar 1992,Bank Muamalat Indonesia berdiri.“Padahal di luar negeri bisnis bank syariah sudah dimulai sejak era 1960-an,” katanya. Hal itu juga bisa dilihat dari pangsa pasar (market share) bank syariah di Indonesia.Per Juni lalu aset bank syariah mencapai 2,88%, naik tipis dari kuartal I/2010 sebesar 2,78%.Kendati demikian, BI optimistis bisa mengejar pangsa pasar sebesar 3% hingga akhir tahun dan sebesar 5% hingga akhir 2013.

“Pangsa pasar 3% sampai akhir tahun mungkin. Begitu juga dengan 5% di akhir 2013.Tapi, kita akan tetap berupaya agar bankir tetap menjalankan bisnisnya secara hati-hati dan mencegah moral hazard yang mungkin terjadi,” ungkapnya.

Guna mendukung perkembangan bank syariah,salah satu kebijakan yang akan dikeluarkan BI dalam waktu dekat adalah aturan tentang delivery channel.

Bank syariah yang memiliki induk bank konvensional bisa menjual produk syariahnya di bank konvensionalnya tersebut.Misalnya produk syariah Bank Syariah Mandiri bisa dijual ke Bank Mandiri sehingga dengan aturan tersebut, penyebaran produk syariah akan merata. (didik purwanto)

1 komentar:

rebecca williams mengatakan...

Kami adalah organisasi yang ditubuhkan untuk membantu orang yang memerlukan
Bantuan seperti bantuan kewangan. Jadi, jika anda melalui kewangan
Masalah, jika anda mempunyai masalah kewangan dan anda memerlukan dana
Memulakan perniagaan anda sendiri atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang atau bayar
Bil, mulakan perniagaan yang bagus atau anda merasa sukar
Dapatkan pinjaman modal dari bank tempatan, hubungi kami hari ini melalui e-mel
Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

 "Jadi, jangan biarkan peluang ini meluluskan anda,
Anda dinasihatkan untuk melengkapkan dan mengembalikan butiran di bawah ..

Nama awak: ______________________
Alamat anda: ____________________
Negara awak: ____________________
Tugas anda: __________________
Jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
Jangka masa pinjaman: ____________________
Pendapatan bulanan: __________________
Nombor telefon: ________________
Adakah anda memohon pinjaman sebelum: ________________
Jika anda telah memfailkan pinjaman terdahulu, di mana anda dilayan dengan jujur? ...

Bertindak cepat dan keluar dari tekanan, kekacauan, dan cabaran kewangan
Hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e-mel:
Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com