Islamic Widget

Kamis, 05 Agustus 2010

Berhasil di Turki, Gagal di Zimbabwe

REDENOMINASI di luar negeri pernah dilakukan di beberapa negara. Di Turki misalnya, negara itu menerapkan redenominasi efektif mulai 1 Januari 2005 silam.



Saat itu Turki mengurangi jumlah 0 pada mata uangnya sebanyak enam digit. Mata uang Turki yang semula lira lalu diubah menjadi “new Turkish lira”. Di Turki redenominasi berhasil meredam inflasi.Sebelum kebijakan ini dijalankan,inflasi mencapai 12%. Saat proses redenominasi inflasi turun menjadi 8% dan setelahnya turun lagi menjadi tinggal 4%. Untuk mengubah denominasi nilai pecahan mata uang lira lama, Pemerintah Turki membutuhkan waktu 10 tahun sejak 1 Januari 2005.

Demi mempermudah sosialisasi kepada masyarakat, otoritas moneter Turki memberlakukan penggunaan denominasi nilai uang secara ganda (double display) selama enam bulan pada uang yang berlaku di negara itu. Langkah redenominasi uang teranyar dilakukan Zimbabwe pada 2008 lalu. Pemerintah Zimbabwe menghilangkan 10 angka nol pada nilai mata uang yang berlaku. Sebagai contoh, 10 miliar dolar Zimbabwe nilainya dipangkas jadi hanya 1 dolar Zimbabwe.

Hal itu dilakukan untuk mengatasi perekonomian Zimbabwe yang terpuruk karena inflasi yang sangat tinggi yakni 2,2 juta%. “Dolar Zimbabwe akan diredenominasi dengan menghilangkan 10 nol dalam tiap nominal uang. Uang 10 miliar dolar Zimbabwe akan menjadi 1 dolar dan berlaku Agustus 2008,” ujar Gubernur Bank Sentra Zimbabwe Gideon Gono seperti dikutip CNN kala itu.

Gono menambahkan, banyaknya nominal angka yang tertera pada mata uang menyulitkan sistem yang bekerja secara otomatis seperti komputer maupun mesin hitung elektronik lainnya. Akibatnya, mesin tidak berfungsi maksimal saat ada transaksi dalam jumlah miliaran atau triliunan. Dua tahun sebelumnya, tepatnya pada 2006, Zimbabwe juga mengurangi tiga angka nol pada nilai mata uang dolar Zimbabwe. Hal ini dilakukan agar penduduk tidak kerepotan membawa tumpukan uang untuk berbelanja.

Namun, gara-gara perubahan itu harga-harga barang di Zimbabwe pada kurun waktu tersebut naik drastis. Adapun Rusia melakukan redenominasi pada 1 Januari 1998. Saat itu Pemerintah Rusia menurunkan nilai Rubel sebesar 1.000. Tujuan redenominasi ini untuk menyederhanakan aktivitas ekonomi karena tidak memengaruhi suplai uang atau tabungan masyarakat. Pemerintah Rusia melaksanakan redenominasi selama enam tahun satu bulan.

Rinciannya, tahap pertama adalah 13 bulan masa sosialisasi dengan mengeluarkan mata uang dengan dua nominal, yang baru dan lama. Berikutnya, penggunaan mata uang lama dan baru secara bersamaan selama satu tahun penuh serta periode peralihan dari mata uang lama ke yang baru selama empat tahun. Kebijakan redenominasi Rusia ini ternyata memicu inflasi. Sebelum redenominasi inflasi tercatat 14,6% per tahun.

Sementara, saat proses redenominasi inflasi naik menjadi 27,6% per tahun dan satu tahun pascaredenominasi melonjak menjadi 85,7%. Di Ukraina, kebijakan redenominasi merupakan satu bagian dari reformasi keuangan. Kebijakan baru ini dilaksanakan pada Agustus 1996. Pemerintah Ukraina mengganti mata uang karbonavets bernilai 100.000 dengan mata uang hryvnia bernilai 1.Pada tahap awal, kedua mata uang digunakan dalam 15 hari, 2–16 September 1996.

15 hari berikutnya, rakyat Ukraina harus menukar karbonavets dengan hryvnia. Uniknya, kebijakan redenominasi Ukraina ini berhasil meredam inflasi yang sebelumnya sangat tinggi. Sebelum redenominasi, inflasi tercatat 376,7%. Pada proses redenominasi inflasi turun menjadi 80% dan pascakebijakan itu turun lagi menjadi 15,9%.Ekonomi Ukraina berhasil distabilisasi dengan kebijakan ini. (CNN/yanto kusdiantono/ ahmad senoadi)

2 komentar:

Wanda hamidah mengatakan...

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

rebecca williams mengatakan...

Kami adalah organisasi yang ditubuhkan untuk membantu orang yang memerlukan
Bantuan seperti bantuan kewangan. Jadi, jika anda melalui kewangan
Masalah, jika anda mempunyai masalah kewangan dan anda memerlukan dana
Memulakan perniagaan anda sendiri atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang atau bayar
Bil, mulakan perniagaan yang bagus atau anda merasa sukar
Dapatkan pinjaman modal dari bank tempatan, hubungi kami hari ini melalui e-mel
Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

 "Jadi, jangan biarkan peluang ini meluluskan anda,
Anda dinasihatkan untuk melengkapkan dan mengembalikan butiran di bawah ..

Nama awak: ______________________
Alamat anda: ____________________
Negara awak: ____________________
Tugas anda: __________________
Jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
Jangka masa pinjaman: ____________________
Pendapatan bulanan: __________________
Nombor telefon: ________________
Adakah anda memohon pinjaman sebelum: ________________
Jika anda telah memfailkan pinjaman terdahulu, di mana anda dilayan dengan jujur? ...

Bertindak cepat dan keluar dari tekanan, kekacauan, dan cabaran kewangan
Hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e-mel:
Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com