Islamic Widget

Senin, 03 Januari 2011

Kesan Pertama di KONTAN

Hari ini merupakan hari pertama bekerja di Harian Bisnis dan Investasi KONTAN, dari Kelompok Kompas Gramedia (KKG). Tentu saja banyak pengalaman menyenangkan, meski tidak bisa dilepaskan dari rasa lelah yang ada.

Hari pertama masuk, gw datang telat karena informasi sebelumnya dikatakan harus datang agak siangan. Untungnya, gw juga bangun agak siang plus ada kegiatan rutinitas yang belum selesai dirampungkan minggu kemarin, yaitu mencuci dan setrika. Sambil menunggu setrika, gw nonton berita terutama pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia yang langsung dibuka oleh Presiden SBY.

Rutinitasku terhenti saat salah satu HRD KONTAN menelfonku untuk segera datang ke KONTAN. Pasalnya, sudah ada teman yang melakukan penandatanganan kontrak kerja.

Fiuhhh..ternyata perjalanan kerja pertamaku disambut hujan lebat plus angin kencang di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Selepas memakai jas hujan, saya pun melanjutkan perjalanan hingga tiba di KONTAN tepat pukul 11.10 wib.

Di sana, saya langsung tandatangan kontrak kerja dengan kompensasi gaji pokok Rp2,651 juta, uang transport kantor-kos Rp400 ribu, uang transport liputan Rp550 ribu, uang pulsa Rp200 ribu dan uang absen Rp17.500 per hari. Totalnya sekitar Rp4 juta lah,more or less.

Alhamdulillah, di tengah inflasi yang naik hingga 6,96%, ternyata gajiku lumayan naik drastis dari tempat kerja semula. Tapi, gaji tersebut juga sebanding dengan tekanan kerja. Buktinya, hingga tulisan ini dibuat saya harus masih di kantor, menunggu berita selesai, takutnya ada tambahan dari bos.

Masalahnya, narasumber berita terakhir susah untuk dihubungi. Maklum saja, ini emiten besar yang cukup sensitif, namanya juga PT Bakrie and Brothers Tbk (BNBR), induk usaha dari Group Bakrie. Apalagi analis yang disuruh berkomentar juga banyak yang enggan menjawab. Hahaha..takut kena semprot dan gagal dapat proyek dari salah satu orang terkaya kaleee...

Dari pengamatanku kerja di KONTAN, ternyata model kerjanya lebih tertata mulai dari budget berita, rapat redaksi, pengiriman berita hingga kompleksitas memenuhi isi berita. Saya juga sempat riweuh dengan model pengiriman beritanya yang super njelimet.

Untungnya, teman-teman kerja banyak yang sudah kenal dan gampang akrab. Mudah-mudahan kerjasama ini akan gampang terjalin dan makin banyak traktiran di awal pertemuan. Buktinya, gw tadi makan siang dengan gratis walau hanya dengan nasi padang.

Ya..namanya juga mengadu nasib plus di sekitar kantor juga jarang ada warung makan. Mau ga mau, apapun dimakan, asal halal dan mengenyangkan!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas,mau tanya nih. Kalo tahapan masuk KONTAN itu gimana ya? trus kalo jurusan HI bisa diterima gak? saya lagi nyusun skripsi, pengen kerja di KONTAN heheh