Islamic Widget

Rabu, 09 Maret 2011

Biasakan Tubuh Tetap Aktif

Apakah Anda cenderung bekerja di dalam ruangan dan hanya duduk minimal 8 jam per hari? Jika iya, waspadai pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh Anda.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan fisik yang tidak aktif bisa berbahaya dan berkaitan erat dengan 3,2 juta kematian setiap tahun,70 ribu kematian dini bagi masyarakat sebelum usia 60 tahun di seluruh dunia serta 90% kecatatan sebelum usia 60 tahun di negara berkembang.

Di Indonesia sendiri, 48,2% masyarakat berusia lebih dr 10 tahun kekurangan aktivitas fisik. Selain itu, 31% populasi dunia dan 60%-85% populasi dewasa dunia tidak aktif secara fisik.

Apa penyebabnya?
Perilaku malas bergerak sering diasosiasikan dengan waktu yang dihabiskan saat duduk. Kondisi itu akan menyebabkan penyakit sitting disease/penyakit yg timbul akibat keseringan duduk.

Berdasarkan penelitian, duduk lebih dari 6jam beresiko mengidap penyakit degeneratif yang menyebabkan kematian. Selain itu akan mematikan aktivitas otot, memperlambat sirkulasi dan mematikan enzim pemecah trigliserida (sejenis lemak).

Parahnya, efek buruk dari duduk lebih dari 8 jam per hari tidak cukup dikalahkan dengan berolahraga selama 30 menit sehari di klub kebugaran. Nah lo?
Kontan's Reporters
PIN: 22574AA0
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar: