Islamic Widget

Minggu, 13 Maret 2011

Waspada Asam Urat

Asam urat bukan hanya dialami oleh orang tua. Kini penyakit yang ditandai dengan nyeri berulang dipersendian karena adanya endapan kristal monosodium urat akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah (hiperurikimia) tersebut bisa menyerang anak mudah, tak terkecuali gue.

Asam urat merupakan sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Ini juga termasuk hasil samping dari pemecahan sel dalam darah. Sedangkan purin ialah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup.

Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin. karena manusia memakan makhluk hidup itu, maka zat purin berpindah ke dalam tubuh manusi. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Normalnya, asam urat akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin. Namun karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada maka menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.

Inilah daftar makanan yang sebaiknya DIHINDARI:
1. Otak
2. Hati
3. Ginjal
4. Jantung
5. Jeroan
6. Ekstrak daging/kaldu
7. Daging bebek
8. Ikan sarden
9. Makarel
10. Kerang

Untuk yang ini, boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan:
1. Daging sapi dan ikan (asal jangan ikan di atas)
2. Ayam
3. Udang
4. Tahu
5. Tempe
6. Asparagus
7. Bayam
8. Daun singkong
9. Kangkung
10. Daun dan biji melinjo

Ini yang harus dikonsumsi:
1. Nasi
2. Ubi
3. Singkong
4. Jagung
5. Roti
6. Mie/bihun
7. Cake/kue kering
8. Puding
9. Susu
10. Keju
11. Telur
12. Sayuran dan buah (kecuali sayuran dalam kelompok 2) spt semangka, melon,blewah,belimbing manis dan jambu air

Tidak ada komentar: